Logo Pengadilan Negeri Palopo
Pembaruan terakhir: Senin, 11 Desember 2017
shade

Rapat Lanjutan guna evaluasi oleh Tim Penjaminan Mutu pada Pengadilan Negeri Palopo Kelas IB (TPMPN Palopo) telah dilaksanakan pada Kamis, 23 Juni 2013 di ruang Mediasi, jam 08.30 - 10.15 wita. Rapat dipimpin Albertus Usada, S.H., M.H. Ketua PN Palopo selaku Top Manager TPMPN Palopo, didampingi Moch. Yulihadi, S.H., M.H. Wakil PN Palopo selaku Quality Manager Representative (QMR) TPMPN Palopo.

Rapat dihadiri secara pleno segenap anggota TPMPN Palopo ditambah para tenaga honorer yang diperbantukan sebagai tenaga pranata komputer dalam mendokumentasikan administrasi tata naskah dan semua dokumen penjaminan mutu serta survei kepuasan pelanggan/pengguna di bawah supervisi Muh. Alauddin, S.H. dan di bawah koordinasi Document Control, Rukani, S.H. (Sekretaris PN Palopo) selaku Wakil Ketua II QMR TPMPN Palopo.

AGENDA POKOK RAPAT TPMPN PALOPO

Rapat TPMPN Palopo membahas beberapa agenda pokok, antara lain:

  1. Identifikasi Check List Instrumen Penilaian Assesor Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Umum berdasarkan 7 (tujuh) kriteria.
  2. Sinkronisasi Manual Mutu Sistem Manajemen Mutu PN Palopo, guna finalisasi pembuatan "Dokumen Manual Mutu Sistem Manajemen Mutu Pengadilan Negeri Palopo".
  3. Inventarisasi dan Pengumpulan Lembar Survei Kepuasan Pelanggan/Pengguna dengan sampel sebanyak 100 orang responden, guna pengolahan data lebih lanjut, sehingga dapat diketahui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan peradilan pada PN Palopo untuk periode 6 (enam) bulan pertama (2016) yaitu Januari - Juni 2016. Kegiatan Survei Kepuasan Pelanggan/Pengguna akan dilaksanakan setiap 6 (enam) bulan secara periodik dan berkelanjutan (sustainable).
  4. Evaluasi dan Inventarisasi masalah penanganan perkara (pidana dan perdata) agar mematuhi secara konsisten, tertib dan patuh sebagaimana Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 2 Tahun 2014 tentang Penyelesaian Perkara Di Pengadilan Tingkat Pertama Dan Tingkat Banding Pada 4 (Empat) Lingkungan Peradilan, dan sinkron dengan standar pelayanan peradilan PN Palopo, dan pengawasan kinerja berbasis aplikasi SIPP.
  5. Sinkronisasi dan penambahan sub-kategori konten situsweb resmi PN Palopo sehubungan dengan publikasi kegiatan akreditasi penjaminan mutu ini dan optimalisasi standar pelayanan peradilan sebagaimana dimaksud dalam Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 026/KMA/SK/II/2012 tanggal 9 Februari 2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan.

STRUKTUR ORGANISASI TPMPN PALOPO

Struktur organisasi TPMPN Palopo dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Ketua PN Palopo Nomor 21/SK.KPN/IV/2016/PN. Plp tanggal 21 April 2016 tentang Pembentukan dan Penunjukan Tim Penjaminan Mutu Pada Pengadilan Negeri Palopo Kelas IB. Struktur organisasi dimaksud sebagaimana di bawah ini.

Ketua

ALBERTUS USADA, S.H., M.H. (Ketua Pengadilan Negeri Palopo Kelas IB)

Quality Manager Representative (QMR)

MOCH. YULIHADI, S.H., M.H. (Wakil Ketua Pengadilan Negeri Palopo Kelas IB)

Wakil Ketua Manager Representative I

ANY BUNGA, S.H., M.H. (Panitera)

Wakil Ketua Manager Representative II

RUKANI, S.H. (Sekretaris)

Internal Auditor (IA)

  • MAHIR SIKKI ZA, S.H. (Hakim Pengawas Bidang Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan)
  • R. NURHAYATI, S.H., M.H. (Hakim Pengawas Bidang Hukum)
  • BEAUTY D.E. SIMATAUW, S.H. (Hakim Pengawas Bidang Perdata)
  • TAHIR, S.H., M.H. Hakim Pengawas Bidang Pidana)
  • ERWINO M.A., S.H.(Hakim Pengawas Bidang Umum & Keuangan)
  • HERI KUSMANTO, S.H. (Hakim Pengawas Bidang Kepegawaian & Ortala)
  • ANY BUNGA, S.H., M.H. (Panitera)
  • DEVI ANGELINA BOKA, SE (Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan)

Tim Survei Kepuasan Pelanggan

  • ARMAN, S.H. (Wakil Panitera)
  • RIDA, S.H. (Panitera Muda Pidana)
  • SRIMARYATI, S.H. (Panitera Muda Hukum)
  • TOMBI, S.H. (Plt. Panitera Muda Perdata)
  • RIDWAN (Staf Sub Bagian Umum & Keuangan)

Document Control (DC)

RUKANI, S.H. (Sekretaris)

IMPLEMENTASI TUJUH KRITERIA PENILAIAN

Kriteria penilaian penjaminan mutu, mencakup: (1) kepemimpinan (leadership), (2) kepuasan pengguna (customer focus), (3) manajemen proses (process management), (4) perencanaan strategis (strategic planning), (5) sistem dokumen (document system), (6) manajemen sumber daya (resources management), dan (7) hasil kinerja (performance result).

Selanjutnya, Moch. Yulihadi, S.H., M.H. selaku QMR memandu pembahasan tentang Survei Kepuasan Pelanggan/Pengguna, yang sudah masuk sebanyak 70 lembar dan masih kurang 30 lembar untuk 100 orang responden, jadi masih kurang 30 orang responden, diharapkan sudah lengkap sampai besok Jumat, 24 Juni 2016. Kemudian, akan diolah dan dianalisis lebih lanjut guna mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan peradilan PN Palopo.

Tentang pembahasan identifikasi dan Check List Instrumen Penilaian Assesor Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Umum berdasarkan 7 (tujuh) kriteria dengan akumulasi nilai maksimum 1000 poin tersebut. Setelah melalui pembahasan Tim PM secara paripurna, maka Check List IPA APM tersebut dapat dijadikan Dokumentasi Simulasi oleh Tim PM PN Palopo untuk melaksanakan "Simulasi Audit Internal" sebelum datangnya Tim PM pada Pengadilan Tinggi Sulselbar dalam melakukan supervisi dan asistensi APM terhadap PN Palopo yang diusulkan sebagai PN Percontohan (pilot project) APM Pengadilan Negeri Tahun 2016 dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Sulselbar, dari keseluruhannya sebanyak 30 PN seluruh Indonesia yang akan diakreditasi oleh Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum.

Harapan Albertus Usada selaku Top Leader PN Palopo, bahwa Tim PM yang telah dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Ketua PN Palopo Nomor 21/SK.KPN/IV/2016/PN. Plp tanggal 21 April 2016 tersebut merupakan suatu tim kerja (team work) yang selalu kompak-terpadu bersama dan bersinergi dalam memerhatikan 7 (tujuh) kriteria penilaian penjaminan mutu guna mewujudkan performa atau kinerja Peradilan Indonesia yang Unggul atau Prima (Indonesia Court Performance Excellent - ICPE).

Harapan segenap keluarga besar PN Palopo Kelas IB, dengan semangat "PRIMA TODA'", peserta Rapat percaya diri dan yakin akan dapat meraih akumulasi minimal 700 poin dengan kategori penilaian "Sangat Baik" (Excellent).

MANUAL MUTU SISTEM MANAJEMEN MUTU

Memerhatikan Manual Mutu Sistem Manajemen Mutu (MM-SMM) Pengadilan Negeri yang disusun oleh Tim Akreditasi Penjaminan Mutu (TAPM) Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, dengan pengantar Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 609/DJU/OT.01.3/5/2016 tanggal 6 Mei 2016 perihal Pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu, yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan Tinggi di seluruh Indonesia, yang selanjutnya khusus wilayah hukum Pengadilan Tinggi Sulselbar telah dilaksanakan Sosialisasi Pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu di ruang sidang utama PT Sulselbar di Makassar, pada hari Senin, 23 Mei 2016.

Rapat TPMPN Palopo juga membahas identifikasi dan inventarisasi masalah, ruang lingkup tugas pokok dan fungsi (tupoksi) berikut pelaksana tupoksi, serta sinkronisasi bahan materi pembuatan Dokumen Manual Mutu Sistem Manajemen Mutu Pengadilan Negeri Palopo, dengan motto yang disetujui Rapat TPMPN Palopo, yaitu "PN PALOPO PRIMA TODA'".

MOTTO "PN PALOPO PRIMA TODA'"

Motto berperan sebagai sumber inspirasi dan merupakan bagian Budaya Kerja, yang disetujui dalam Rapat TPMPN Palopo adalah "PN PALOPO PRIMA TODA'". Motto itu akronim dari "Pengadilan Negeri Palopo Profesional, Ramah, Informatif, Melayani, Akuntabel, Transparan, Objektif, Dayaguna, Adil".

Makna "TODA'" dalam konteks percakapan budaya dan kearifan lokal di kota Palopo sebagai bagian dari komunitas adat masyarakat Tana Luwu, merupakan “kata penegas” dari kata atau rangkaian kata sebelumnya. Jadi penentuan makna "TODA'" itu menurut Albertus Usada yang menegaskan bahwa makna "TODA'" juga merupakan penegasan dari makna kata (akronim) PRIMA, yang berkesan membumi dan bercitarasa kearifan budaya lokal.

Akhirnya, hasil pembahasan agenda pokok rapat tersebut akan segera dilaksanakan secara konsisten dan patuh, taat asas, serta akan selalu dievaluasi periodik dan berkelanjutan oleh TPMPN Palopo. Salam "PRIMA TODA'"!

 

Berita terkait lainnya:

A- A A+

Pencarian

Informasi Cepat

  • 1
Real time web analytics, Heat map tracking