Logo Pengadilan Negeri Palopo
Pembaruan terakhir: Senin, 11 Desember 2017
shade

Rapat Dinas bulan Juli 2016

Rapat dinas bulan Juli 2016 berlangsung pada hari Kamis tanggal 21 Juli 2016 dari pukul 09.00 s.d. 11.00 WITA bertempat di Ruang Sidang Kusumah Atmadja Pengadilan Negeri Palopo. Rapat dipimpin oleh Albertus Usada, S.H., M.H. Ketua Pengadilan Negeri Palopo, didampingi Moch. Yulihadi, S.H., M.H. Wakil Ketua Pengadilan Negeri Palopo, serta Panitera Any Bunga, S.H., M.H. dan Sekretaris Rukani, S.H., dihadiri oleh para pejabat struktural dan fungsional, para pegawai pelaksana serta para tenaga honorer.

Rapat diawali dengan pembahasan tindak lanjut hasil rapat dinas bulan sebelumnya, perencanaan dan pelaksanaan serta hambatan dalam pelaksanaan, di antaranya adalah:

  • Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) baik SOP Layanan Utama maupun SOP Penjaminan Mutu yang masih sedang dibahas;
  • Standar Pelayanan Publik Pengadilan Negeri Palopo telah selesai disusun;
  • Kelengkapan daftar periksa pada berkas perkara baik perkara pidana maupun perdata telah ditindaklanjuti;
  • Beberapa sarana dan prasarana dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat telah tersedia;
  • Hasil survey kepuasan masyarakat masih dalam proses analisis dan perhitungan untuk mengetahui Indeksi Kepuasan Masyarakat atas pelayanan Pengadilan Negeri Palopo yang kemudian akan dipublikasikan pada situs web Pengadilan Negeri Palopo.

Selanjutnya, dilakukan monitoring, evaluasi dan pengawasan kinerja dengan berbasis pada Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). Pada sesi ini Ketua Pengadilan Negeri Palopo, Albertus Usada, S.H., M.H. mempresentasikan hasil monitoring data perkara Pengadilan Negeri Palopo pada SIPP Mahkamah Agung RI dan membandingkan dengan data perkara pada SIPP Lokal Pengadilan Negeri Palopo. Satu demi satu perkara yang datanya pada SIPP masih termasuk tunggakan dan status serta tahapan perkaranya melampaui waktu normal (pada SIPP Mahkamah Agung RI tercatat tunggakan 174 perkara sementara pada SIPP Lokal tercatat tunggakan 172 perkara) dikonfirmasi langsung kepada Majelis Hakim dan Panitera Pengganti yang menangani perkara sehingga apabila ada hambatan yang ditemui dapat segera teridentifikasi dan dicarikan solusinya. Beliau menekankan agar pemutakhiran data perkara direkam dengan benar dan sesegera mungkin, sehingga rasio penanganan perkara Pengadilan Negeri Palopo pada SIPP Mahkamah Agung RI yang per 20 Juli 2016 sebesar 67,11% juga dapat semakin meningkat. Khusus untuk perkara yang telah diputus tetapi belum diminutasi sejumlah 13 perkara, Ketua Pengadilan Negeri Palopo mengharapkan agar pada hari Senin tanggal 25 Juli 2016 perkara-perkara tersebut telah selesai diminutasi dan segera direkam data minutasinya pada SIPP.

Kemudian Ketua Pengadilan Negeri Palopo melanjutkan beberapa materi presentasi tentang penjaminan mutu dan rencana penambahan kategori dan sub kategori menyangkut penjaminan mutu pada situs web Pengadilan Negeri Palopo.

untuk melihat dokumentasi kegiatan, silakan click foto di atas

A- A A+

Pencarian

Informasi Cepat

  • 1
Real time web analytics, Heat map tracking